Rpp Smk Kurikulum 2013 Revisi 2017 Hots 4C Literasi dan PPK

Sebelum adanya rpp smk kurikulum 2013 revisi 2017 sebelumnya adalah hanya disebut rpp kurtilas aja. Dengan seiring berjalannya waktu dan analisa di lapangan makanya perlu adanya suatu revisi terbaru yang dicetuskan oleh direktorat jendral smk yaitu revisi 2017. Pada edisi revisi terbaru rpp ini terintegrasi dengan penambahan istilah Hots, 4C Literasi dan PPK.

Nah apa saja sih isinya rpp smk kurikulum 2013 revisi 2017 https://www.rppsmk.com/ yang terintegrasi dengan beberapa hal tersebut, berikut penjelasannya :
#HOTS, Higher Order of Thinking Skill (HOTS) merupakan kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, serta juga dapat berpikir kreatif yang memiliki kemampuan daya tingkat tinggi.
#4C, 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Penjelasan pada 4C dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C. Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai alat mencapai kesuksesan, khususnya di Abad 21, yang mana dunia berkembang dengan sangat cepat juga dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat berarti, 4 C merupakan jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih berguna dari pada sekadar pengusaan hardskill.
#LITERASI, Gerakan Literasi Sekolah merupakan kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas melalui membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yaitu upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran didalamnya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Literasi lebih dari sekadar membaca maupun menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber referensi misal bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan sebegai berikut ; Literasi Dini (Early Literacy), Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).
#PPK, Terintegari Gerakan PPK wajib mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program juga dalam kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang. Pengintegrasian dapat berupa : Pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, maupun luar sekolah (masyarakat/komunitas); Kombinasi kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler; Pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, maupun juga di masyarakat

Demikian penjelasan mengenai rpp smk kurikulum 2013 revisi 2017 yang sudah terintegrasi dengan HOTS 4C LITERASI dan PPK, Semoga dengan penambahan beberapa poin tersebut dapat meningkatkan kualitas pendidikan terutama tingkat Smk di Indonesia, aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s